Bolehkah Percaya Ramalan Zodiak?

“Scorpio: Motivasi yang menggebu-gebu untuk mengejar tujuan sangat membantu karier atau studi. Kali ini adalah peluang baik untuk memulai obsesi yang terpendam selama ini. Buatlah kesempatan.”

KALIMAT di atas merupakan kutipan ramalan zodiak Scorpio dalam sebuah surat kabar yang memuat rubrik zodiak. Pertanyaannya adalah haruskah percaya pada ramalan yang sering jadi panutan bagi beberapa orang ini? terutama yang memang lahir pada tanggal 23 Oktober – 21 November?
Ramalan seperti itu biasa dilakukan oleh para astrolog dengan melihat letak dan konfigurasi bintang-bintang di langit. Misalnya, bila letak gugusan bintang Bima Sakti di arah A lalu kebetulan ada seorang bayi lahir tepat pada malam ketika bintang itu terbit, maka diramalkan bayi itu akan menjadi orang terkenal setelah besar nanti. Apabila kita perhatikan ramalan di atas, akan terlihat bahwa si peramal mencoba atau seolah-olah mengetahui hal-hal ghaib. Seakan ia mampu membaca dan menentukan nasib seseorang.
Dengan dasar ini, si peramal berani memerintah dan melarang ‘pasiennya’ untuk berbuat sesuatu. Bahkan ia sering menakut-nakutinya meskipun akhirnya memberi kabar gembira atau hiburan dengan kata-kata manis. Bagi orang yang senang akan rubrik zodiak atau yang suka membaca buku-buku astrologi (ramalan-ramalan bohong), memang terkadang ramalan itu cocok dengan keadaan yang di alami. Namun yang menjadi permasalahan, darimana pikiran peramal itu mencuat? Bagaimana pandangan Islam terhadap masalah ini?
Sesungguhnya perkara-perkara ghaib hanyalah Allah yang mengetahui. Dan ini adalah hak Allah semata, selain makhluk yang ia beritahukan tentangnya, seperti sebagian Malaikat dan para Rasul sebagai mukjizat. Dalam hal ini, Allah berfirman: “(Dia adalah Rabb) Yang mengetahui yang ghaib. Maka Dia tidak memperlihatkan kepada seseorang pun tentang yang ghaib itu kecuali kepada Rasul yang diridlai-Nya. Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (Malaikat) di muka bumi dan di belakangnya. ” (QS. Al-Jin: 26-27).
Maka dari itu, siapa saja yang mengaku mengetahui perkara atau ilmu ghaib selain orang yang dikecualikan sebagaimana ayat di atas, maka ia bisa termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendustakan ayat Allah, bahkan termasuk perbuatan syirik yang tidak bisa diampuni dosanya. Baik mengetahuinya dengan perantaraan membaca garis-garis tangan, di dalam gelas, perdukunan, sihir, dan ilmu perbintangan atau selain itu, percaya kepada ramalan bisa menjerumuskan seorang hamba pada kekafiran.

0 komentar:

Posting Komentar